INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PADA MATERI SAINS
MODEL PBL DAN TREFINGGER
Abstract
Pendidikan sebagai bagian dari integral kehidupan masyarakat di era global harus dapat menumbuhkan dan memfasilitasi berbagai kompetensi peserta didik. Pendidikan merupakan proses mengubah tingkah laku siswa menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar. Dunia yang berubah dengan sangat cepatnya menuntut setiap individu agar memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas guna meningkatkan kesejahteraan dan mempertahankan hidup menghadapi arus globalisasi. Globalisasi ditandai oleh kompleksitas keragaman dalam masyarakat. Untuk itu setiap individu di era global setiap individu harus mengembangkan kapasitasnya secara optimal, memiliki kemampuan memecahkan masalah, mengemukakan ide-ide kreatif, inovatif, kreatif dan mengadaptasikan diri ke dalam situasi global yang bervariasi dan cepat berubah.
References
Asrori, Mohammad, 2007. Psikologi Pembelajaran. Cetakan Pertama. Bandung: CV Wacana Prima.
BSNP, 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/ Model Siabus SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi, Irianti 2014 Integrasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Appreciative Inquiry Approach dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung (Tidak Diterbitkan)
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan dan Kreativitas Anak Berbakat. Edisi Ketiga, Jakarta: Rineka Cipta.
Nur, Mohamad. 2011. Model Pembelajaran Berdasaran Masalah. Edisi Kedua. Surabaya: UNESA.
Pamalato, Sarson. 2006. Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Trefingger. Mimbar Pendidikan No 1: 22-26.
Rusmono, 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia
Rustaman, Andriani , et al. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.